PROFIL PONDOK PESANTREN DARUL ULUM MARGOYOSO

Margoyoso merupakan nama sebuah desa di Gunung Batu, Kecamatan Sumberjo, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Pon-Pes Darul Ulum Menjadi salah satu lembaga pendidikan berbasis Islam yang sudah cukup tua di Sumberjo, di dirikan oleh KH. Syamsuddin dan KH. Abdul Ghofur pada tahun 1991 M / 1412 H. Sekarang di asuh oleh Bpk. KH. Ahmad Fadloli dan Bpk. KH. Ansori.

Awalnya, Pondok Pesantren Darul Ulum hanya menggunakan sistem bandongan, sorogan, dan pengajian. Namun, setelah (YAPIMU) Yakni Yayasan Pendidikan Islam Mamba'ul Ulum berdiri, maka ditambah dengan sistem klasikal Pendidikan. Pondok pesantren ini sendiri memiliki pusat yang beralamat di Desa. Margoyoso, Kec. Sumberjo, Kab. Tanggamus, Provinsi Lampung.

Seperti kebanyakan pondok pesantren lainnya, di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Mamba'ul Ulum, Yayasan juga menyelenggarakan jenjang pendidikan formal mulai tingkat Ibtidaiyah (SD), Tsanawiyah (SMP), hingga Aliyah (SMA). 

Pondok Pesantren sendiri Fokus pada pendidikan I’dadiyah, yaitu pendidikan yang lebih memfokuskan untuk kajian Al Quran, Hadis, Tauhid, Fiqih, Nahwu, Sorof, Tasawuf, dan Lain-lain yang menyangkut agama Islam. Untuk menunjang proses kegiatan belajar, pengelola telah melengkapi Pondok Pesantren Darul ulum dengan fasilitas yang cukup memadai. Di tempat ini, sudah tersedia masjid, Komplek asrama santri Putra dan Putri dengan jumlah 27 unit kamar, gedung belajar yang memadai berjumlah 26 kelas, perpustakaan, koperasi, kantor, mushola, tempat wudlu, toilet, kolam pemandian santri, loteng jemur pakaian, dapur santri, juga terdapat fasilitas aplikasi untuk wali santri, yang dapat digunakan untuk memantau keuangan harian santri, pembayaran syahriyah, melihat catatan santri, dll. dan fasilitas-fasilitas santri lainnya.

Selain mengenyam pendidikan agama dan formal, para santri di pondok ini juga bisa mengikuti beragam ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut mencakup pendidikan kursus seni baca Al Quran, kursus bahasa Arab, bahasa Inggris, kursus MC, kursus komputer, kursus kepribadian, pidato, hadroh, al barzanji, hingga organisasi jam’iyah. kemudian untuk biaya pendidikan di Pondok Pesantren Darul Ulum sendiri memang tidak mematok biaya yang mahal. Bahkan, bisa dibilang administrasi di pondok pesantren ini sangat terjangkau.

Dalam rangka mengemban amanah dan memenuhi tuntunan era globalisasi, maka pondok pesantren DARUL ULUM memberikan cakrawala berfikir kepada masyarakat untuk menentukan pilihan lembaga pendidikan yang berorientasi pada pengembangan IMTAQ dan IMTEK secara seimbang. Pembentukan karakter santri putra dan putri yang beraktifitas tinggi yang mampu meraih prestasi dengan tuntunan akhlakul karimah demi menciptakan manusia yang benar-benar siap serta mampu menghadapi tantangan masa depan.

VISI :

Membentuk peserta didik yang religius, berakhlakul karimah, trampil, dan unggul dalam berprestasi.

MISI :

Melaksanakan pembelajaran berbasis kompetensi yang membimbing santri untuk menjadi pribadi yang berakhlak, mandiri, kreatif, inovatif, bernalar kritis, gotong royong, dan berkebinekaan global.


BERITA TERKINI






Pencarian

Tentang kami

diprakarsai berdirinya oleh KH. Abdul Ghofur dan KH. Syamsuddin yang juga merupakan Muassis pendiri Yayasan Pendidikan Islam Mamba'ul Ulum Margoyoso. berdiri dengan akta notaris NOMOR 17 TANGGAL 05 AGUSTUS 2016 Oleh MOHAMMAD REZA, S.H dengan Pengesah
Selengkapnya

Lokasi

Pondok Pesantren Darul Ulum Margoyoso


Aplikasi Administrasi Dan Uang Digital Santri

Sosmed